Kamis, 29 Oktober 2009

Definisi Sistem Informasi

Sistem informasi sebenarnya tidak harus melibatkan komputer. Sistem informasi yang melibatkan komputer disebut juga sistem informasi berbasis komputer ( Computer-Based-Information System atau CBIS ).

Ada beberapa definisi Sistem Informasi :

1. Alter (1992)

Sistem informasi merupakan kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yan di organisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.

2. Bodnar dan Hopwood (1993)

Sistem informasi merupakan kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.

3. Gelinas, Oram, dan Wiggins (1990)

Sistem informasi merupakan suatu sistem buatan manusia yang secara umum terdiri atas sekumpula komponen berbasis komputer dan manual yang dibuat untuk menghimpun , menyimpan dan mengelola data serta menyediakan informasi keluaran kepada para pemakai.

4. Hall (2001)

Sistem informasi merupakan sebuah rangkaian prosedur formal dimana data dikelompokan, diproses menjadi informasi dan didistribusikan kepada pemakai.

5. Turban, McLean dan Wetherbe (1992)

Sebuah sistem informasi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.

6. Wilkinson (1992)

Sistem informasi merupakan kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumber daya (manusia, komputer) untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (informasi), guna mencapai sasaran-sasaran perusahaan.

Dari berbagai defenisi tersebut dapat disimpulkan bahwa

“ Sistem Informasi mencakup sejumlah komponen (manusia, komputer, teknologi informasi, dan prosedur kerja), ada suatu yang diproses (data menjadi informasi), dan dimaksudkan untuk mencapai suatu sasaran atau tujuan”.

( sumber: Abdul Kadir. Pengenalan Sistem Informasi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar